Usahaweb.com

Akibat Banjir Kerugian Ditaksir Puluhan Miliar

Diposting oleh 2brother | Kamis, November 06, 2008 | 0 komentar »

Palopo, 5 November 2008. Banjir yang melanda Kota Palopo pada Selasa malam, 04/11/08, merupakan banjir terbesar dan terparah yang pernah terjadi di Kota Palopo.

Ribuan rumah terendam, bahkan dilaporkan 8 rumah di Kawasan Wisata Permandian Alam Latuppa amblas terseret air, dan selebihnya rusak parah, utamanya yang berada di daerah aliran sungai. Tak hanya itu, banjir kali ini tidak hanya mengakibatkan kerugian materil, namun juga telah menelan korban jiwa, seorang bocah yang terseret oleh derasnya arus banjir.

Kerusakan terparah terjadi di Kawasan pusat kota, tepatnya di sekitar Jalan Jenderal Sudirman, Jalan belimbing, Jalan Haji Hasan, Jalan Malaja, Jalan Cakalang, Jalan Peda-peda, dan Jalan Andi Tadda.

Menurut sejumlah warga dan dari hasil pantauan, bukan lagi air yang yang datang memporak-porandakan rumah mereka, namun telah bercampur lumpur dan kayu gelondongan dari pohon yang tumbang. Dan dari pengalaman masyarakat Palopo, jika hanya diakibatkan oleh derasnya hujan yang mengguyur Kota Palopo, tidaklah akan separah itu, melainkan memang hutan dikawasan hulu sungai sudah rusak parah, dan tidak lagi mampu menahan derasnya curah hujan yang ada.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, diduga banjir yang melanda Kota Palopo ini merupakan banjir kiriman dari daerah tetangga, akibat parahnya kerusakan hutan di wilayah pegunungan, tepatnya diwilayah hulu sungai yang masuk dalam daerah tetangga dan berbatasan langsung dengan Kota Palopo. Bahkan hingga berita ini diturunkan, dari hasil pengamatan di Sungai Amassangan, air yang tadinya telah surut, kini kembali naik kendatipun hujan tidak lagi mengguyur Kota Palopo, namun masih dalam kategori sedang.

Di beberapa titik lokasi banjir saat ini, Rabu 05/11/2008 malam, jajaran Pemerintah Kota Palopo, terus melakukan pembenahan pasca banjir dengan menurunkan penuh personil yang terdiri dari Pemdam Kebakaran Palopo, Dinas kebersihan, Satpol PP, Dinas PU, Dinas Hutbun, dan dibantu oleh satuan dari TNI dan Polri, untuk membersihkan puing-puing material yang tersisa akibat banjir. Sejumlah alat berat dan mobil truk milik Pemerintah Kota Palopo nampak diturunkan untuk melakukan pembersihan

Adapun warga yang rumahnya sempat terendam banjir, saat ini masih belum dapat berbuat apa-apa, selain mengungsi ke rumah kerabatnya dan sebahagian lagi masih tetap bertahan di jalan-jalan dekat rumah mereka, sambil mengumpulkan barang-barang mereka yang masih tersisa.

“Kami tidak sempat lagi untuk menyelamatkan barang-barang yang ada karena air bercampur lumpur dan material kayu, tiba-tiba datang. Seisi rumah habis terbawa air, bahkan kami yang ada di rumah pun ikut terseret keluar. Untungnya bisa selamat,” ujar Ramli, warga Kelurahan Amassangan, yang rumah hancur akibat banjir, dan saat ini masih bertahan di sekitar rumahnya yang hancur sambil mengumpulkan barang-barang yang masih dapat diselamatkan.

Sejumlah bantuan pun terus berdatangan, baik berupa air mineral, makanan, serta pakaian. Di Posko Banjir pemerintah Kota Palopo yang dipusatkan di Kantor Walikota palopo, malam ini kembali menerima bantuan berupa Pakaian Baru 200 pasang dan sandal 200 pasang dari Toko Jakarta Busana, untuk disalurkan kepada korban banjir.

Pihak Pemerintah Kota Palopo pun saat ini telah membangun 5 buah dapur umum yang ditempatkan di Kecamatan Wara 2 titik, Wara Timur 2 titik dan Mungkajang 1 titik.

Kerugian akibat banjir ini ditaksir mencapai milyaran rupiah, yang terdiri dari kerusakan infrastruktur jalan, jembatan, sekolah serta fasilitas umum lainnya dan kerusakan yang dialami warga.

Saat ini, warga yang tertimpa bencana banjir, masih sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari para donatur. Bagi para donatur yang berniat menyalurkan bantuan, dapat menghubungi Posko Banjir Pemerintah Kota Palopo di Kantor Walikota Palopo Jalan Andi Djemma No 66. Telp (0471) 21007. (Harjuna Syam )

http://www.info-palopo.com/news.php?bid=1001&proses=1


Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar

Pengen domain gratis, lansung cek n langsung dapet domain gratisnya..